Buah Merah Papua Berkhasiat Mujarab Sebagai Penangkal AIDS?

Buah Merah Asli
Kekayaan biodiversitas alam Indonesia khas pulau Papua -yg sejak lama dikenal sebagai kawasan tempat tumbuh subur beragam anggrek eksotik- menjelang tutup tahun 2004 y.l. tiba-tiba dihebohkan dengan liputan media yg meluas tentang sensasi penemuan Buah Merah asli Papua yg berkhasiat sebagai ramuan penangkal HIV/AIDS.


Belum tuntas adanya memang penelitian tentang keampuhan khasiat sari buah Merah Papua sebagai penangkal AIDs serta beberapa penyakit degeneratif lainnya. Namun setidaknya penelitian riset ilmiah khasiat Buah Merah Papua atas karya temuan peneliti Indonesia sendiri dapat menjadi modal yg amat berharga dalam upaya terobosan penyembuhan medis penyakit AIDS yg hingga kini belum ada obatnya dimana pun di seluruh dunia. Selain itu setidaknya penelitian khasiat Buah Merah Papua sebagai obat penyakit degeneratif dan suplemen kesehatan, serta upaya pembudidayaan tanaman Buah Merah oleh bangsa sendiri dapat menjadikannya dikenal khalayak seperti halnya popularitas khasiat sari buah mengkudu yg telah terlebih dulu mendunia.

Nama latin Buah Merah adalah "Pandanus conoideus Lam" (Red Froot=English) adalah tanaman khas spesifik atau endemik yang tumbuh di p.Papua dan sebagian kepulauan Maluku. Tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dgn pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16m dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5 sampai 8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dgn kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah maroon terang. Walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yg berbuah berwarna coklat dan coklat-kekuningan.

Budidaya tanaman dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award 2002.

Adapun penelitian tentang khasiat pengobatan Buah Merah pertama kali dilakukan oleh peneliti dosen Universitas Cendrawasih di Jayapura yaitu Drs. I Made Budi M.S. Sebagai ahli gizi dan dosen Universitas Cendrawasih sempat mengamati secara seksama kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya yang mengonsumsi buah merah sebagai obat cacing, penyakit kebutaan, dan penyakit kulit.
Selain itu pengamatan atas masyarakat lokal berbadan lebih kekar dan berstamina tinggi, pd hal hidup sehari-hari secara asli tradisional yg serba terbatas dan terbuka dalam berbusana dalam kondisi alam yg keras serta terkadang bercuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan. Keistimewaan fisik penduduk lain yakni jarang yg terkena penyakit degeneratif seperti; hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam ujud sari buah merah itu banyak mengandung antioksidan (kandungan rata-rata):
- Karoten (12.000 ppm)
- Betakaroten (700 ppm)
- Tokoferol (11.000 ppm)

Disamping beberapa zat lain yang meningkatkan daya tahan tubuh, a.l:
asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9, yg semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri. Jadi aliran darah ke jantung dan otak berlangsung tanpa sumbatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Ini meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dan memperbanyak aktifitas sel T Helpers dan limposit. Suatu kutipan studi membuktikan konsumsi betakaroten 30-60 mg/hari selama 2 bulan membuat tubuh dapat memperbanyak sel-sel alami pembasmi penyakit. Bertambahnya sel-sel alami itu menekan kehadiran sel-sel kanker karena ampuh menetralisasikan radikal bebas senyawa karsinogen penyebab kanker.
Dalam beberapa penelitian terbatas yg dilakukan I Made Budi dengan metode pengobatan langsung dengan sari buah Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yg amat tinggi dalam upaya pengobatan yg dilaksanakan terhadap penyakit yaitu;
tumor otak, tumor kandungan, tumor payudara, kanker hati, bahkan juga HIV/AIDS yg sebagian besar kasus penyembuhan terjadi atas pasien-pasien di Papua maupun penderita penyakit di Pulau Jawa.

Tulisan tentang penelitian serta cara proses pembuatan sari buah Buah Merah kini dipublikasikan di buku tulisan Drs. I Made Budi M.S. dan Ir. Fendy R. Paimin berjudul "Buah Merah" terbitan Penebar Swadaya yg muncul pada akhir tahun 2004.

0 komentar:

 

Dewi Lusita Copyright © 2010