Charger Gadget Tenaga Angin

Operator seluler asal Inggris Orange kembali menjalin kerja sama dengan GotWind. Bentuk kerja sama itu berupa charger dengan kemampuan unik. Alat tersebut dinamakan sebagai orange power pump (OPP).

OPP punya cara kerja cukup unik. Sesuai dengan namanya, charger itu menggunakan pompa angin sebagai tenaga. Pengguna harus menginjak
pompa agar gadget atau alat elektroniknya dapat terisi lagi.

Energi kinetik yang dihasilkan dari pompa angin tersebut menggerakkan turbin kecil di dalam OPP. Kemudian, energi kinetik tadi diubah menjadi energi listrik yang akhirnya mengisi ponsel atau portable media player (PMP). Hasil tes menunjukkan, energi dari sekali pengisian dapat bertahan selama lima menit waktu bicara (untuk ponsel).

Ide pembuatan charger itu sangat menarik. Penggunaannya sangat ramah lingkungan. Pengguna juga diajak menjadi lebih sehat dengan OPP. Sebab, mereka harus memompa untuk mengoperasikannya. Baterai ponsel terisi, tubuh pun ikut sehat.

OPP memang sangat berguna bagi mereka yang sangat suka bepergian. Cara kerja dan bentuknya yang simpel sangat nyaman untuk diajak mobile. OPP juga bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari, terutama kalau terjadi pemadaman listrik berkala di beberapa daerah. Yang suka datang ke konser musik juga bisa diuntungkan dengan kemampuan OPP.

Rencananya, OPP diperkenalkan ke publik pada Glastonbury Festival. Itu adalah salah satu acara musik terbesar di Inggris. Glastonbury Festival akan diadakan pada 24-28 Juni 2009. Acara tersebut dihelat selama empat hari nonstop.

Festival yang berlokasi di daerah terpencil itu merupakan debut yang bagus bagi OPP. Hampir semua pengunjung pasti membutuhkan charger untuk ponsel, PMP, dan kamera mereka. (pna/bs/kkn)

Sumber : http://www.jawapos.com

0 komentar:

 

Dewi Lusita Copyright © 2010