Lebah dan Wajah Manusia

SIAPA bilang binatang kecil tidak bisa mengenali wajah manusia? Terbukti, tidak hanya anjing yang tahu majikannya. Ternyata, lebah pun mampu mengenali wajah manusia di dekatnya.



Fakta itu berawal dari ilmuwan yang menemukan bahwa lebah bisa dilatih mengenali susunan wajah manusia. Caranya adalah mengiming-imingi mereka dengan gula. Kenapa gula? Sebab, gula bisa merangsang kerja otak lebah menjadi lebih maksimal.

Kemampuan otak lebah mengenali wajah manusia itu kali pertama dilihat Adrian Dyer, ilmuwan dari Monash University di Australia. Dyer pun mengadakan tes lanjutan yang lebih sistematis terhadap lebah. Ternyata, sebagian lebah tersebut mengenali wajah manusia secara tidak sadar.

Untuk itulah, Dyer mencoba membuatnya bisa melakukan dengan sadar. Dia pun melatih lebah untuk mengenali wajah-wajah yang sederhana. Bentuk wajah tersebut terbuat dari titik-titik dan garis miring. Setelah itu, dilihat apakah lebah bisa membedakan antara dua wajah tersebut. Hasilnya, lebah itu berhasil lulus tes. (dya/bs/kkn)
Sumber : http://www.jawapos.co.id

0 komentar:

 

Dewi Lusita Copyright © 2010