Kabar Sistem Operasi Terbaru Microsoft, Windows 7

Versi Beta Bocor di Internet, Perilisan Dipercepat Setahun

Consumer Electronics Show (CES) 2009 berlangsung 8-11 Januari mendatang di Las Vegas. Pameran consumer goods itu punya beragam agenda besar. Salah satunya perilisan versi beta sistem operasi Windows 7 yang dipercepat setahun dari rencana semula. Ada apa di baliknya?

Raksasa software, Microsoft, merajai pasar dengan sistem operasi produksinya, Windows XP. Sejak 2001, sistem operasi tersebut dipakai di berbagai industri yang menggunakan teknologi komputer. Kuku-kuku Microsoft tertancap makin dalam berkat perilisan Vista pada 2006.

Namun, Microsoft tak tinggal diam. Pada 2007, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu mengumumkan akan merilis sistem operasi baru bernama Windows 7. Produk baru tersebut diklaim bekerja jauh lebih cepat dan efektif karena tidak membutuhkan banyak memori. Windows 7 digembar-gemborkan jauh lebih baik dibandingkan ''kakak''-nya, Windows XP dan Windows Vista.

"Kami yakin, produk terbaru kami akan sangat bagus. Kami punya komitmen dan portofolio. Untuk itu, kami yakin Windows 7 akan hadir sesuai target. Tiga tahun setelah Windows terakhir muncul," ujar Bill Veghte, senior vice president Microsoft, ketika itu.

Microsoft berjanji merampungkan Windows 7 selama tiga tahun dan merilisnya akhir 2009. Lazimnya, jadwal rilis produk Microsoft selalu mundur. Namun, tidak dengan Windows 7. Perilisan sistem operasi terbaru itu malah dimajukan hampir setahun.

Christina Storm, program manager Microsoft Windows, di sebuah blog resmi Microsoft Oktober lalu mengatakan mulai mengumpulkan orang untuk menguji pre-beta Windows 7. Kabar dari situs resmi Windows 7, windows7news.com, mengatakan bahwa saat ini, OS tersebut sedang dalam persiapan launching versi beta. Perilisan itu akan dilakukan di CES 2009 pada 8-11 Januari.

Kabar tersebut tentu membuat banyak pihak heran. Sebab, untuk meluncurkan sebuah program, proses yang harus dilalui cukup panjang. Jika dihitung dari jarak launching Windows Vista pada 2006, bisa jadi itu jarak terpendek antar-perilisan OS yang pernah dilakukan Microsoft, yaitu hanya dua tahun. Ada apa sebenarnya?

Ada beberapa hipotesis terkait faktor yang menjadi bahan pertimbangan bagi Microsoft. Pertama, jelas mengejar kesempatan untuk memperbaiki keterpurukan Vista yang banyak dihujat konsumen lantaran tidak kompatibel dengan berbagai perangkat. Selain itu, bahaya bila Windows 7 terlalu lama disimpan. Sebab, di internet, ternyata versi beta Windows 7 sudah beredar di beberapa situs pembajak.

Sebut saja Pirate Bay. Situs itu menunjukkan statistik bahwa Windows 7 versi beta telah memiliki 4.300 seeders (pen-download total) dan 7.500 lechers (pen-download sebagian). Kesimpulannya, sudah banyak yang mencicipi versi beta OS tersebut. Padahal, produk itu paling cepat bisa diperoleh saat pameran CES usai atau pada 13 Januari 2009.

Meski tak ada alasan resmi dari Microsoft, dua alasan itu diyakini jadi faktor utama pendorong launching premature Windows 7. Setelah rilis versi beta pada Januari ini, Windows 7 berlisensi akan dilempar ke pasaran pertengahan tahun ini.(puz/bs/rum)


Sumber : http://www.Jawapos.com

0 komentar:

 

Dewi Lusita Copyright © 2010