WAN


WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.



Teknologi Switching





Circuit Switching : Cara kerjanya yaitu dengan membentuk circuit terlebih dahulu kemudian baru mengirimlan data

Packet Switching : Cara kerjanya yaitu sebelum mengirimkan data, data terlebih dahulu dipecah-pecah menjadi beberapa bagian yang kecil. kemudian dikirimkan pada semua jaringan yang terhubung dengannya. kemudian data akan disampaikan pada tujuan, dan tujuan harus melakukan rekonstruksi atau reassembly.

 Frame Relay : adalah Protokol packet-switching yang menghubungkan perangkat-perangkat      telekomunikasi pada satu WAN. Protokol ini bekerja padalapisan fisik dan Data Link pada model referensi OSI. Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay.


ATM (Asynchronous Transfer Mode) : Yaitu protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header). Protokol lain yang berbasis paket, seperti IP dan Ethernet, menggunakan satuan data paket yang berukuran tidak tetap. Kata asynchronous pada ATM berarti transfer data dilakukan secara asinkron, yaitu masing2 pengirim dan penerima tidak harus memiliki pewaktu (clock) yang tersinkronisasi. Metode lainnya adalah transfer secara sinkron, yang disebut sebagai STM (Synchronous Transfer Mode).




0 komentar:

 

Dewi Lusita Copyright © 2010