Tentang Router

Sedikit coretan tentangrouter...


Routing

Routing, adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya.


Autonomous System

Autonomous System atau yang disingkat AS adalah suatu kelompok yang terdiri dari satu atau lebih IP Prefix yang terkoneksi yang dijalankan oleh satu atau lebih operator (jaringan komputer/jaringan) dibawah satu kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas. AS diperlukan bila suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Contoh yang paling sering dijumpai adalah: jaringan yang terhubung kepada dua upstream atau lebih ataupun eXchange Point, peering dengan jaringan lokal pada eXchange Point. Autonomous System Number atau yang disingkat ASN adalah nomor two-byte unik yang diasosiasikan dengan AS. ASN digunakan sebagai pengidentifikasi yang memungkinkan AS untuk saling menukar informasi routing dinamik dengan AS yang lain. Protokol routing eksterior seperti Border Gateway Protocol (BGP) membutuhkan ASN untuk saling bertukar informasi antara jaringan.

Macam-macam Router jika dilihardari Fisiknya :
  1. Dedicated Router : Sebuah Router yangdibuat oleh pabrik. Contohnya Level one, Cisco, dll. Dan didalamnya sudah ada sistem-sistemnya.
  2. PC Router : Sebuah perangkat router yang dibuat dari PC biasa yang didalamnya berisi sebuah sistem operasi yang digunakan untuk router. Contoh SO untuk router antara lain Mikrotik, Linux, dll.
Dilihat dari cara kerjanya Router ada 2 macam :
  1. Router Statis : Tabel Routing, penjalurannya atau mengarahkannya adalah tetap.
  2. Router Dinamis : Penjalurannya bisa berubah dan menggunakan Protocol RIP, OSPR.
Protocol Routing :
  1. Internal Protocol --> IGP ( Interior Gateway Protocol ) digunakan didalam autonomous.
  2. Eksternal Protocol --> EGP ( Eksterior Gateway Protocol ) dan digunakan untuk Menghubungkan antar autonomous.

1 komentar:

Unknown on 15 Juni 2012 pukul 11.54 mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai router, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1149/1/50407268.pdf
trimakasih

 

Dewi Lusita Copyright © 2010