Bukan Sembarang White Board


Pendidikan adalah komponen penting dalam sebuah negara. Faktanya, Jepang langsung menggenjot pendidikan setelah terpuruk di Perang Dunia II. Itu menjadi bukti bahwa pendidikan memang krusial. Dalam pekembangannya, pendidikan mulai bersentuhan dengan dunia teknologi. Salah satu kepedulian tersebut ditunjukkan oleh SMART Technology.

SMART Technology adalah perusahaan yang memproduksi inovasi-inovasi keperluan pendidikan. Untuk kali ini, mereka mengenalkan

SMART Board. Itu merupakan papan tulis interaktif yang membuat pembelajaran di kelas jauh lebih lancar dan menyenangkan.

SMART Board memberikan tampilan komputer lewat proyektor. Bedanya, papan biasa tak akan berpengaruh apa-apa bila layar disentuh atau dicoret-coret. Namun, SMART white board menerima itu semua sebagai input.

SMART Board punya tiga komponen yang saling berhubungan. Yaitu, komputer, proyektor, dan papan tulis. Setiap komponen terhubung dengan USB, serial data, ataupun wireless. Proyektor menampilkan gambar di papan, misalnya gambar desktop pada komputer.

Mekanisme kerjanya cukup simpel. Jika kita menyentuh tombol start di papan, SMART Board meng-convert-nya sebagai input pada komputer. Maka, menu dalam start, baik di komputer maupun papan, akan muncul. Teknologi itu disebut DviT (digital vision touch).

Dengan DviT, kita bisa menggunakan tangan layaknya mouse. Kita bisa mendobel klik, pointing, dan men-drag objek langsung di layar. Ketika presentasi, tak perlu lagi asisten operator komputer.

Kemampuan SMART Board tidak hanya itu. Papan tersebut juga dilengkapi SMART pen tray. Itu tempat spidol yang berfungsi memberi tahu komputer kalau kita sedang mencoret-coret di papan. Ketika kita mengambil spidol, sensor optik akan berkerja. Ia bakal memberi tahu komputer agar menampilkan pilihan warna, ketebalan, dan tool lain untuk menulis. Spidol tersebut menggunakan tinta elektronik.

SMART Board tersedia dalam tiga bentuk fleksibel. Di antaranya, memiliki kaki dan proyektor di depan. Juga ada versi rear dengan proyektor di belakang papan dan yang terbaru adalah versi layar plasma. Selain sekolah, SMART Board cocok untuk dunia kerja. (puz/bs/kkn)
Sumber : www.jawapos.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Frurmoutt http://comprare-kamagra.wikidot.com http://comprare-cialis.wikidot.com http://comprare-viagra.wikidot.com Frurmoutt

 

Dewi Lusita Copyright © 2010