Mobile World Congress 2009

Minggu lalu Mobile World Congress 2009 diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Para produsen ponsel papan atas lagi-lagi memanfaatkan acara itu untuk merilis produk terbaru. Krisis global boleh melanda, tetapi produk baru tetap harus muncul, bukan?

-----

Botol minum ternyata bisa ''dipakai'' bertelepon. Ponsel Samsung Blue Earth dibuat dari plastik daur ulang hasil ekstraksi botol minuman. Di sisi belakang ponsel berlayar sentuh itu terdapat panel tenaga surya. Fungsinya, memastikan tersedia daya yang memadai sehingga ponsel siap digunakan sewaktu-waktu.

Apa saja fiturnya? Tampaknya, ada bluetooth dan kamera. Sengaja ditambahkan kata ''tampaknya'' karena hingga saat ini Samsung belum memaparkan fitur lengkap Blue Earth.

Keypad Transparan

Inilah ponsel pertama di dunia dengan keypad transparan alias tembus pandang. LG GD900 dijadwalkan beredar pada kuartal kedua 2009. Berarti, bisa April, Mei, atau Juni tahun ini. Sama dengan Blue Earth, spesifikasi lengkap GD900 masih dirahasiakan. Kecuali, tersedianya konektivitas bluetooth.

Tiga Langkah E-mail

Penerus Nokia Communicator muncul. Bukan pengganti E90, melainkan hasil evolusi 9300. Namanya E75. Bentuk fisiknya ala ponsel geser dan dilengkapi dengan QWERTY keyboard.

Layar 2,4 inci 16 juta warna, HSDPA, Wi-Fi, bluetooth A2DP, dan A-GPS merupakan sebagian spesifikasi E75. Ada pula konektor universal 3,5 mm dan kamera utama 3,2 megapiksel yang dilengkapi dengan fungsi fokus otomatis. Memori internalnya 50 MB dan bisa dipadukan dengan kartu microSD. Perangkat bersistem operasi Symbian seri 60 itu mendukung layanan video call.

Nokia menyebutkan bahwa E75 memiliki fungsi e-mail yang tak kalah andal dengan PC atau laptop. Pengguna yang hendak melakukan pengaturan e-mail juga tak perlu pusing. Hanya dengan tiga langkah mudah, e-mail yang dimiliki pengguna siap diakses via E75.

Peminat perangkat berukuran 111,8 x 50 x 14,4 mm dan berat 139 gram itu seharusnya tak perlu menanti lama. E75 dijadwalkan mulai dipasarkan bulan depan dengan harga EUR 375 atau sekitar Rp 5,625 juta. Itu belum termasuk pajak dan subsidi.

Belum ada informasi resmi kapan E75 mendarat di Indonesia. Namun, merujuk pengalaman selama ini, Indonesia biasanya menjadi salah satu negara pertama yang menjadi sasaran produk terbaru Nokia.

Kamera 12 MP

Sony Ericsson memperkenalkan Idou, ponsel berkamera 12,1 megapiksel plus xenon flash. Ia hadir dengan layar sentuh 3,5 inci 16 juta warna. Tampilan layar lebarnya memiliki perbandingan 16:9.

Idou dibekali GPRS dan konektivitas Wi-Fi. Konon, ia akan menggunakan sistem operasi Symbian terbaru yang kini sedang dikembangkan oleh Symbian Foundation. Spesifikasi komplet Idou belum diungkapkan Sony Ericsson.

Bila tak ada perubahan, Idou mulai dijual pada semester kedua tahun ini. Kelak ia mungkin berganti nama. Sebab, nama Idou sebenarnya hanya nama konsep, bukan nama final yang pasti digunakan. (Herry S.W./kkn)
SumBer : www.jawapos.com

2 komentar:

kyubi-noval on 10 Maret 2009 pukul 13.46 mengatakan...

q ntu mw ngedit blogg tp Q g tw harus copy paste dimana source HTMLx?????

kasi saran donk..!!!

biar bloggQ bisa keren kayak punya mu.

Dewi Lusita on 24 Mei 2011 pukul 11.28 mengatakan...

Bole. Bisa share lewat YM ku aja.

 

Dewi Lusita Copyright © 2010